Friday, April 9, 2010

UAS PTI

LEMBAR JAWAB
UJIAN AKHIR SEMESTER

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Nama : Rajji Koswara Adiredja
NIM : 09863001
Kelas : A
==================================================================
1. Blog
Blog atau Weblog merupakan catatan perorangan atau mungkin kelompok mengenai yang dimunculkan secara online pada jejaring elektronik. Pada awal kemunculannya Blog hanya dipergunakan oleh kalangan tertentu karena pada saat itu membuat blog memelukan biaya yang cukup tinggi. Biaya ini digunakan untuk biaya, misalnya, pembuatan desain, pembelian domain, sewa hosting dan pemeliharaan. Jika dilakukan sendiri, pembuat blog harus memiliki kecakapan khusus, misalnya pengetahuan tentang program computer dan internet.

Pada masa sekarang ini pembuatan blog dapat dilakukan oleh siapapun karena petunjuk pembuatan blog itu sendiri sudah disediakan panduan praktis dalam berbagai bahasa yang bersifat praktis. Petunjuk pembuatan blog diberikan oleh provider dalam bentuk urutan prosedur logis dan bentuk pilihan tampilan template yang tersedia.

Jika kita tertarik memanfaatkan blog ini, langkah berikut dapat dilakukan untuk membuat blog. Pertama, buatlah e-mail anda (misalnya, di Yahoo, Google, Telkom dan lain-lain). Kedua, lakukan koneksi internet http://www.blogger.com ikuti prosedur yang tersedia.

Blog, sebetulnya, bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan baik yang bersifat pribadi atau umum, yang bersifat praktis maupun akademis.

2. Matematika Binner

Pada system bilangan desimal, kita pasti akan sangat mudah menandai dan menghitung, karena memang hal ini berkenaan dengan perhitungan sehari-hari. Penulis tidak menklaim bahwa perhitungan biner itu susah, akan tetapi lebih terutama karena faktor kebiasaan saja. Sebagai contoh dari bilangan desimal, untuk angka 157:

157(10) = (1 x 100) + (5 x 10) + (7 x 1)

Sekarang kita tahu mengapa bilangan desimal ini sering juga disebut basis 10 bukan? Benar. Hal ini dikarenakan perpangkatan 10 yang didapat dari 100, 101, 102, dlsb.

Untuk lebih jelasnya, penulis akan ajak anda mengetahui bagaimana penjumlahan, pengurangan, dan perkalian bilangan biner. Konsep pengurangan biner.

3. Pemrograman
Bahasa adalah suatu sistem untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis adalah suatu sistem berkomunikasi dengan menggunakan simbol (huruf) untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer, bahasa manusia disebut bahasa alamiah (natural languages), dimana komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer.
• Level Rendah: Level bahasa yang mendekati level bahasa mesin, instruksi yang diberikan akan langsung dipahami oleh komputer. Pada level ini program yang diinstruksikan berupa angka angka kode heksa atau biner, contoh: bahasa mesin
• Level Menengah: Level bahasa gabungan antara intruksi mesin dengan instruksi yang mulai mendekati bahasa manusia berkomunikasi, contoh: bahasa assembler dan bahasa C.
• Level Tinggi: Bahasa pemrograman yang mendekati instruksi manusia berkomunikasi, contoh: Pascal, Delphi, Visual Basic, atau Oracle

4. Multimedia
Dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video (Hernawan, 2010). Dari pengertian ini dapat dikatakan bahwa multimedia merupakan gabungan ragam gambar dan teks yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi bagi berbagai kepentingan(misalnya, pendidikan dan bisnis).

Penggunaan multimedia baik yang berjenis stand alone maupun yang berbasis jaringan dapat dimanfaatkan sebagai media mengkomunikasikan, misalnya bahan pelajaran/ kuliah atau kepentingan dengan lebih menarik.

5. Internet
Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif (Hernawan, 2010). Dari definisi ini dapat disimpulkan bahwa internet merupakan jaringan elektronik nirkabel yang dapat dipergunakan untuk kepentingan komunikasi dan informasi dalam berbagai bidang. Internet dapat dimanfaatkan untuk berbagai aspek kehidupan seperti pendidikan, bisnis, sosial, hiburan dan lain-lain. Informasi dan komunkasi melalui internet ditinjau dari sisi

No comments:

Post a Comment